Seberapa Penting Penggunaan Alat K3 Dalam Bekerja?


distributor peralatan Safety jakartaDi zaman kini dimana kompetisi dalam lingkungan kerja semakin tinggi dan kompetitif, terkadang anda sebagai pekerja maupun pelaku usaha biasanya lalai dalam menyimak kesehatan dan keselamatan diri dan karyawan sekitar bekerja. Tuntutan terhadap pencapaian hasil kerja, ironisnya menciptakan perusahaan luput menyimak pentingnya perangkat perlindungan kerja sampai ke detail. Asuransi dan tunjangan kesehatan dianggap lumayan sebagai sistem proteksi yang mumpuni.

Padahal, data mengindikasikan bahwa masing-masing tahun angka kemalangan kerja di Indonesia mengindikasikan tren meningkat. Di mana pada tahun 2018 angka kemalangan kerja menjangkau 173.105 kasus, naik 40% dibanding 2017 yang menjangkau 123.041 kasus.

Kasus kemalangan kerja yang diadukan masih didominasi oleh kasus-kasus kemalangan di lingkungan pabrik. Bagi itu, pelaku bisnis mesti menyimak pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) di lokasi kerja cocok dengan bidang pekerjaannya. APD (Alat Perlindungan Diri – pakaian atau peralatan) yang dirancang untuk mengayomi pekerja dari bahaya jasmani saat berada di lokasi kerja bisa menjadi garis pertahanan terakhir. Karena, urusan tersebut mengendalikan risiko dan bahaya di lokasi kerja, serta mesti tidak jarang kali ditangani terlebih dahulu. Berikut jenis-jenis APD yang dipakai oleh pekerja:
1. Perlindungan Kepala
Perlindungan kepala adalahtutup kepala atau helm perlindungan yang dipakai oleh pekerja untuk mengelak dari benturan benda keras, penyampaian radiasi panas, cipratan api, dan bahaya lainnya yang barangkali dapat membahayakan lokasi kepala. Pemakaian helm pelindung mesti cocok ukuran lingkar kepala sampai-sampai nyaman dan efektif melindungi. Selalu ganti helm pelindung andai pemakaiannya masing-masing hari, meski kehancuran tidak terlampau mencolok. Temukan sekian banyak produk helm pelindung di sini.
2. Perlindungan Wajah dan Mata
Perlindungan wajah dan mata merangkum kacamata keselamatan dengan masker pelindung wajah. Alat ini dipakai untuk mengayomi mata dari bahaya loncatan benda tajam, debu, partikel-partikel kecil, meminimalisir sinar yang menyilaukan, dan cipratan bahan kimia. Pastikan selalu mengecek kacamata pelindung, jangan ada retakan atau cacat di lensa dan tali masker dalam suasana baik, supaya pelindung tertutup rapat pada pipi dan dahi. Cek sekian banyak produk perlindungan wajah dan mata di sini.
3. Pelindung Kaki
Pelindung kaki adalahperlengkapan yang dipakai untuk mengayomi kaki dari kejatuhan benda, benda-benda tajam laksana kaca ataupun potongan baja, larutan kimia riskan ataupun permukaan licin dan aliran listrik. Gunakan sepatu boots atau sepatu safety dengan sol anti slip yang mengayomi gerakan dari benturan dan nyaman digunakan ketika bekerja. Sepatu safety terdapat dalam sekian banyak jenis cocok dengan kebutuhan, Anda dapat temukan di sini.
4. Perlindungan Tangan (Sarung Tangan)
Sarung tangan keselamatan dipakai untuk mengayomi tangan dari tugas yang dapat mengakibatkan luka bakar pada tangan dan kulit, penyerapan zat berbahaya, risiko patah tulang atau amputasi. Saat menggunakan sarung tangan, cek dan pastikan pas di tangan, serta tidak longgar. Dan, tidak jarang kali ganti andai ada firasat kontaminasi. Bagi produk perlindungan tangan Anda dapat lihat produk di sini.
5. Perlindungan Tubuh
Perlindungan tubuh ialah alat keselamatan yang dipakai untuk tugas yang mengakibatkan cedera tubuh dampak suhu ekstrim, kobaran dan cipratan api, bahan kimia beracun, gigitan serangga, serta radiasi. Alat pelindung tubuh merangkum rompi dan pakaian keselamatan. Pastikan rompi dan pakaian keselamatan bersih dan cocok ukuran supaya perlindungan maksimal. Lihat produk di sini.
6. Perlindungan Pendengaran
Perlindungan pendengaran ialah alat penutup telinga atau ear plug yang bermanfaat untuk mengayomi telinga dan gendang telinga dari suara dengan tingkat kebisingan tinggi. Pilihlah penutup telinga yang cocok dengan telinga pemakai supaya dapat dipakai dengan sempurna. Kami merekomendasikan jenis penutup telinga yang bisa dibentuk supaya sesuai dengan sekian banyak ukuran telinga, laksana yang dapat Anda temukan di sini.
7. Perlindungan dari Risiko Jatuh
Perlindungan dari risiko jatuh ialah tali pengaman tubuh atau Full Body Harness yang dipakai dengan ketat ketika menjalankan tugas. Pelindung ini untuk mengawal tubuh di risiko jatuh dari ketinggian supaya terhindar dari cedera serius atau kematian. Periksa tidak jarang kali tali yang dipakai dan pastikan tidak sobet, cacat, dan bisa terpasang dengan baik. Sebagai perhatian, perangkat tidak boleh dipakai bila pernah merasakan insiden terjatuh. Untuk memahami produk perlindungan ini, silakan periksa di sini.
8. Perlindungan Pernafasan (Masker)
Alat perlindungan pernafasan atau masker bermanfaat untuk mengayomi pekerja dari debu atau wewangian bau yang menyengat dari bahan-bahan kimia yang riskan untuk dicium oleh manusia. Jadi, diperlukan masker yang cocok dengan situasi lapangan kerja. Pelindung tersebut terdiri dari respirator, katrit, kanister, tangki selam, dan regulator. Anda mesti selalu memeriksa alat perlindungan nafas dan pastikan alat sudah teruji. Berikan pelatihan untuk karyawan bagaimana teknik menggunakannya! Temukan sekian banyak masker pelindung di sini.

Mari anda tingkatkan keselamatan kerja dan kurangi angka kemalangan kerja dengan memakai APD cocok standar keselamatan yang ditentukan oleh pemerintah dan internasional. Bekerja cocok standar prosedur ketenteraman dan perlindungan garansi sosial ketenagakerjaan bakal mewujudkan rasa aman yang pada kesudahannya akan menambah produktivitas perusahaan.

Leave a Comment